Kamis, 08 November 2012

Manusia

Manusia diberikan akal oleh Allah swt sebagai pembeda dari makhluk yang lain, akal digunakan untuk berpikir sehingga memungkinkan manusia memperoleh pengetahuan yang membuat manusia dapat berkembang, dan berpendidikan. manusia yang berpendidikan diharapkan dapat menguatkan posisi dasar manusia sebagai makhlik yang berakal budi, bermartabat, dan beradab. manusia juga sebagai makhluk berbudaya yang mengembangkan pola pikir yang nyata maupun abstrak yang digunakan untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat antar manusia.

pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan manusia lain untuk kelangsungan hidupnya.setiap manusia memiliki keunikan sendiri, tidak ada manusia yang persis sama meskipun saudara kembar pasti akan ada perbedaan. meskipun manusia berbeda pola pikir, fisik, tingkah laku, tapi semua manusia pasti saling berinteraksi. sekumpulan manusia yang beragam itu dikelompokan menjadi suatu masyarakat. dalam masyarakat manusia tentunya harus saling menghargai dan bekerja sama.

manusia-manusia yang ada dimuka bumi ini, kini semakin berkembang dengan pesatnya teknologi, dan mudahnya informasi. perkembangan manusia tersebut berdampak negatif dan positif bagi manusia itu sendiri ataupun alam.
positifnya, manusia kini hidup semakin mudah dan santai, karena sudah banyak barang-barang ataupun segala sesuatu yang instan dan mudah digunakan. negatifnya, manusia menjadi semakin malas, karena silaturahmi, membeli barang, ataupun mencari informasi tinggal dilakukan dengan handphone, belum lagi alam yang tercemarkan oleh banyaknya polusi-polusi di bumi ini.

sebagai manusia yang diberi kelebihan akal, marilah kita gunakan dengan sebaik-baiknya, kita buat diri kita menjadi berkembang dan berbuat baik pada orang sekitar kita dan juga menjadi manusia yang berbudaya terhadap diri kita dan alam ini.

Tidak ada komentar: